Sony World Photography Awards

Di tengah ramainya suasana di Tokyo pada bulan Juni lalu, perusahaan alat elektronik bermerek Sony mengadakan pameran fotografi berjudul “Sony World Photography Awards 2019”. Pameran ini diadakan di Ginza Sony Park, Ginza, Kota Tokyo pada tanggal 1 Juni sampai dengan tanggal 23 Juni 2019. Lokasi pameran yang strategis dan berada di daerah Ginza pun sangat mendukung keberjalanan acara ini karena Ginza merupakan salah satu pusat keramaian di Kota Tokyo. Menariknya, ruangan pameran berada di basement sebuah taman publik sehingga membuat para wisatawan dan masyarakat Tokyo penasaran dengan pameran ini.

   

Source: https://www.ginzasonypark.jp/e/program/014/
Source:https://www.ginzasonypark.jp/e/program/014/   

Pada pameran ini, Sony menampilkan beberapa karya fotografi yang berhasil memenangi award dari submisi terbuka yang diadakan sebelumnya. Submisi yang diadakan Sony ini merupakan salah satu kompetisi fotografi yang terbesar di dunia. Karya-karya yang masuk ke submisi berasal dari fotografer-fotografer berbagai penjuru dunia. Menurut deskripsi pameran , submisi yang masuk berjumlah 326.997 karya dan pada akhirnya dipilih 250 karya untuk dipamerkan. Karya yang berhasil terpilih selanjutnya dibagi menjadi beberapa kategori tema foto, mulai dari fotografi arsitektur, landscape, motion, culture, portrait, travel, dan lainnya.

Credit: David Salvatori, Italy, Shortlist, Open, Natural World & Wildlife, 2019 Sony World Photography Awards
Credit: Daniel Portch, United Kingdom, Shortlist, Open, Architecture (Open competition), 2019 Sony World Photography Awards

Pameran ini memakai 3 lantai basement untuk mendisplay karya-karyanya karena foto yang dipamerkan sangat banyak. Saat masuk ke tempat pameran, pengunjung dapat bebas melihat karya tanpa berurutan karena karya yang dipamerkan dibagi sesuai temanya masing-masing. Karya pun dipajang dengan segmentasi 1 tema foto di 1 panel kayu sehingga foto-foto dengan tema seragam didisplay di 1 panel kayu yang sama. Foto yang dipajang juga memiliki variasi ukuran yang berbeda. Karya yang memenangkan juara 1 memiliki ukuran yang paling besar dibandingkan juara yang lainnya. Beberapa karya juga ada yang didisplay khusus tanpa menggunakan segmentasi 1 tema di 1 panelkayu, seperti misalnya untuk karya dengan tema photo series sehingga setiap 1 photo series dipajang di 1 panel kayu yang sama. Instalasi yang dipakai untuk mendisplay karyanya pun cukup sederhana dan juga memudahkan pengunjung untuk menikmati foto dan juga membaca deskripsinya.

 

Hal yang paling menarik dari pameran ini adalah profesionalitas dari para kurator dan juga para pembuat karya; terlihat dari tingginya kualitas dari foto-foto yang dipamerkan dan juga deskripsi tiap fotonya. Hal ini tentu sangat penting sebab kompetisi yang diadakan pun merupakan salah satu yang terbesar di dunia. Mungkin, hal ini adalah poin yang harus dicontoh pada setiap penyelenggaraan pameran, yaitu dengan menunjukkan profesionalisme dalam mengadakan pameran, terutama dari segi kurator dan juga pembuat karyanya dalam proses kurasi, pembuatan karya, dan juga eksekusi finishing dari karyanya.

Penulis: Fakhrell Saqfan Izzan

Related Posts