Picnic Cinema 2016

Picnic Cinema merupakan sebuah event dengan konsep open air indie festival yang diselenggarakan pada tanggal 29 Oktober 2016. Event ini diselenggarakan oleh Collaborative ID, sebuah creative organizer dari Bandung dan ini merupakan event kedua yang mereka selenggarakan setelah Picnic Cinema di tahun 2014.

 

Seperti nama acaranya, acara ini tentunya menampilkan film-film karya sineas Indonesia. Film-film yang diputar antaranya:

  1. Friend
  2. Bubar, Jalan!
  3. Opor Operan
  4. Sedeng Sang
  5. Jeni Lova
  6. Montage of Edelweiss
  7. Jurig by

dan juga ada program Movers and Shakers yang menampilkann 8 film lainnya.

 

Tidak hanya pemutaran film, picnic cinema tahun 2016 ini mempunyai serangkaian acara menarik lainnya. Seperti contohnya ada sushi making class with Sushi Tei, make up challenge with Emina, music performance, dan yang paling seru adalah kita bisa menikmati Museum Geologi pada malam hari! Para pengunjung dipersilahkan untuk berkeliling museum pada malam hari layaknya Night at The Museum. Pengalaman ini hanya bisa didapat di acara ini karena biasanya museum tidak dibuka untuk umum pada malam hari.

 

Dengan mengangkat tema piknik di museum, otomatis acara ini diadakan di outdoor area. Tetapi sayangnya, hujan besar turun sore hari yang mengakibatkan mundurnya jam pemutaran pertama. Pemutaran yang seharusnya diputar di outdoor area, menjadi harus dipindahkan ke sebuah auditorium di dalam Museum Geologi. Pemutaran di dalam auditorium hanya berlangsung untuk satu sesi dikarenakan hujan telah berhenti. Kemudian dilanjutkan dengan pemutaran sesi selanjutnya di halaman Museum Geologi. Di setiap perpindahan sesi pemutaran film, selalu diselingi dengan penampilan musik dari beberapa band.

 

Di halaman Museum Geologi pun, sudah disediakan kain-kain piknik untuk alas duduk walalupun terbatas, yang mengakibatkan banyak penonton berdiri dan harus mencari alternative lain untuk dijadikan alas duduk selama acara berlangsung. Namun beberapa dari mereka yang tidak mendapat tempat, lebih memilih untuk berdiri karena keadaan rumput yang basah setelah hujan. Ini mengakibatkan suasana piknik yang seharusnya menjadi tema utama kurang terasa.

 

Secara garis besar, acara Picnic Cinema ini sangatlah menarik secara konsep dan tema. Tetapi sayangnya,, dikarenakan adanya beberapa kendala dan keadaan cuaca yang kurang mendukung, membuat eksekusi acara ini kurang maksimal. Overall, acara Picnic Cinema ini sukses membawa angin baru dalam pemutaran film.

 

Tunggu review acara selanjutnya dari kami!

Poster Picnic Cinema
Poster Picnic Cinema

Related Posts