OUR CINEMA NIGHT

Di musim wisuda kali ini, kami berkesempatan untuk hadir ke pemutaran tugas akhir prodi film dan televisi dari ISBI. Suatu hal yang refreshing bagi kami yang mayoritas anak teknik. Pemutaran “Our Cinema Night” ini berlangsung selama dua hari, yaitu tanggal 12-13 Juli 2018 dan dibagi menjadi empat sesi. Hal pertama yang menarik dari pemutaran ini itu publikasi dan posternya, dan kesmpatan nonton TA mahasiswa lain tentunya.

Lokasi pemutarannya di gedung kesenian sunan amru yang berada di kampus ISBI sendiri yang relatif mudah dijangkau, dan parkir pun tersedia untuk kendaraan bermotor. Ketika masuk, kami disambut dengan display poster-poster film yang diberi lighting di belakangnya layaknya display di bioskop serta photobooth dengan lighting lucu. Dekorasi tidak lebih dari itu, tapi dinilai cukup untuk pensuasanaan pemutaran TA. Masuk ke ruang auditorium, kami dibebaskan memilih kursi terkecuali beberapa row ke depan yang dikhususkan untuk dosen serta cast dan crew film. Senangnya nonton di auditorium karena kerasa seperti bioskop beneran, dengan layar besar dan proyektor serta sound system keren, tapi sayangnya beberapa kursi rusak karena memang gedungnya sudah tua.

Film-film yang kami tonton adalah “Lawahara” dan “Lentera Senja.” “Lawahara” merupakan dokumenter tentang nilai dan proses pembuatan lawar yang merupakan sejenis makanan istimewa di Bali. Menariknya, sang pembuat film membuat film ini karena menyukai tema tentang lawar yang dibuat dari babi. “Lentera Senja” adalah feature film tentang seorang laki-laki penderita scizophrenia dan hubungannya dengan anaknya dan masyarakat.

Yang disayangkan dari pemutaran ini adalah kurangnya informasi tentang teknis pemutaran. Kami datang ke venue dan kami kira akan nonton 4 film sesi itu, tapi ternyata cuma 2. Jadi rundownnya kurang dikomunikasikan kembali di tempat acaranya berlangsung dan acaranya terkesan sangat informal karena tidak adanya sesi diskusi untuk film-film yang diputar. Tapi kembali lagi ke tujuan acara ini, yang saya tangkap adalah untuk mengapresiasi karya karya wisudawan dalam lingkungan kehangatan dan kekeluargaan ISBI.

Oleh : Azahra Nuralika

 

Related Posts