Malang Film Festival 2017

 

Malang Film Festival atau yang sering disebut MAFI Fest merupakan festival film yang diselenggarakan oleh Kine Klub UMM. Festival film ini mengapresiasi karya pelajar dan mahasiswa khususnya film fiksi pendek dan film dokumenter pendek.

Kine Klub UMM adalah Unit Kegiatan Mahasiswa Kelompok Studi Sinematografi yang berada di bawah naungan Universitas Muhammadiyah Malang. Sebagai festival film yang diselenggarakan rutin setiap tahun sejak 2004, tahun ini MAFI Fest menyelenggarakan kompetisi film terbuka. Film-film yang lolos tahap seleksi administratif dan kurasi ditayangkan pada 11-14 April 2017 yang bertempat di Teather Dome UMM. Kompetisi tersebut dimulai dengan penerimaan karya pada tanggal 1 November 2016 hingga 25 Februari 2017.

Pemutaran film yang dilaksanakan di Teather Dome UMM dibagi menjadi beberapa sesi. Setiap sesinya memutarkan tidak lebih dari lima film dan setiap sesi diakhiri dengan sesi diskusi, durasi keseluruhan setiap sesi adalah minimal 60 menit dan maksimal 90 menit.

Sebelum memasuki ruangan teather, para calon penonton diharuskan untuk mendaftarkan diri dan akan mendapatkan tiket setelahnya. Tiket dapat dibeli dari 10 menit sebelum sesi dimulai hingga 10 menit setelah sesi tersebut dimulai.

Ketika sudah mendapatkan tiket, para penonton dipersilakan masuk. Pada tiket tersebut terdapat nomor bangku yang kemudian dicocokkan dengan bangku yang ada pada ruangan. Dalam mencari bangku yang sesuai, penonton dibantu dengan memberi penerangan yaitu senter.

Ruangan yang besar, nyaman, dan dingin membuat penonto sangat nyaman menyaksikan pemutaran. Layar besar yang sesuai dengan ruangan, membuat sekali pun duduk di bangku paling belakang, penonton dapat menonton dengan nyaman. Bangku yang disusun lurus, tidak semakin tinggi seperti tribun, juga tidak membuat penonton tidak nyaman. Seluruh penonton tetap dapat merasakan kenyamanannya. Audio pemutaran juga terdengan jernih dan tidak bermasalah. Lagi, hal ini membuat penonton nyaman untuk menonton film dari awal sampai akhir.

Selain program kompetisi, ada beberapa program lainnya yang telah diselenggarakan saat MAFI Fest, di antaranya adalah

  1. Program Komunitas

Program ini merupakan program yang rutin diselenggarakan pada MAFI Fest. Temu komunitas ini bertunjuan untuk mewadahi komunitas-komunitas film untuk saling bertukar informasi dan berbagi pengalaman dalam berekarya.

 

  1. Program Penayangan Khusus

Pada program ini, Kine Klub UMM menayangkan film panjang yang membaca isu sosial dan budaya yang menjadi dasar sebuah keharmonian di negara ini.

 

  1. Program Kuratorial

Program ini dibagi menjadi empat sesi pada dua hari pelaksanaan, yaitu tanggal 12-13 April 2017. Tiap sesi memiliki tema yaitu, Aspirasi Lingkungan Lewat Sinema, Manusia dalam Sebuah Seluloid, Relativitas pada Karya BW Purbanegara, dan Mencari Indonesia.

 

  1. Sinema Arek Malang

Pada program ini, disajikan film-film yang diproduksi di kota Malang dan karya yang dibuat oleh filmmaker asal kota Malang. Program ini bertujuan untuk mengapresiasi karya putra dan putri daerah asli kota Malang.

 

  1. Ruang Apresiasi

Ruang Apresiasi menyuguhkan film karya Produksi Bersama Kine Klub UMM di penyelenggaraan film festivalnya yang ke-14.

 

  1. Diskusi Umum

Diskusi umum bertujuan untuk memberi wawasan lebih dalam bersinema, dalam MAFI Fest tahun ini terdapat dua judul besar dalam Program Public Lecture ini, yaitu ‘Digital Platform Dan Film Masa Kini’ dan ‘Sinema, Roda, dan Gerakan’.

 

  1. Forum Festival

Forum Festival di Malang Film Festival 2017 bertujuan untuk memberikan gambaran dan memperkenalkan para sineas dengan festival film di Indonesia yang saat ini  berkembang pesat.

 

  1. Malang Sinau Dokumenter

Peserta Workshop Sinau Dokumenter terdiri 5 orang per-kelompok nantinya akan menghasilkan satu karya film, hasil karya dari workshop ini di launching di Malang Film Festival. Peserta dari workshop ini adalah pelajar SMA/SMK dan sederajat.

 

Overall, MAFI Fest yang ke-14 ini telah terselenggara dengan baik. Mengapresiasi karya anak bangsa, memberi fasilitas untuk komunitas saling terhubung, dan memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi siapa saja yang hadir. Sebuah pengalaman sangat menarik dapat hadir dalam Malang Film Festival 2017 🙂

 

Ditulis Oleh: Intan Permata

Related Posts