Kita Belajar: Dasar Pameran oleh Eljihadi Alfin

Definisi pameran menurut Eljihadi Alfin adalah penyajian, yaitu menyajikan produk maupun karya seni. Tujuannya yaitu agar karya yang kalian sajikan dapat dipamerkan dan diapresiasi oleh masyarakat umum. Pameran juga merupakan sarana untuk mengenalkan produk kalian, oleh karena itu pameran selalu mendapatkan perhatian dari masyarakat umum untuk dikunjungi. Dalam membuat sebuah pameran dibutuhkan konsep, relasi, dan kolaborasi. Terdapat beberapa klasifikasi pameran. Pameran berdasarkan tujuan yaitu:

  1. Pameran konvensi / akademik
  2. Pameran dagang
  3. Pameran konsumen

 

Pameran berdasarkan tampilannya :

  1. Private indoor
  2. Public indoor
  3. Indoor trade
  4. Joint trade and public exhibition
  5. Outdoor
  6. Travelling
  7. Portable
  8. In store
  9. Permanent
  10. Conference
  11. Windowx

 

Terdapat 5 unsur penting yang harus ada dalam menyelenggarakan pameran :

  1. Pengunjung
  2. Karya
  3. Tempat
  4. Penyelenggara (artistan bisa merangkap menjadi penyelenggara)
  5. Peralatan

 

Dalam menampilkan karya terdapat 3 jenis cara untuk memamerkan yaitu :

  1. Wall display
  2. Island display
  3. Digital display

 

Faktor yang membuat sebuah pameran menarik :

  1. Karya. Yaitu karya apa dan siapa yang memiliki karya tersebut. Pengunjung yang datang ke pameran bisa untuk mengagumi karya siapa dan juga karya apa yang dipajang
  2. Rangkaian acara
  3. Tempat. Faktor tempat adalah penting dalam membuat sebuah pameran menarik, misalnya tempatnya unik, dekat, historis (dapat mengubah perspektif orang sebelum dan sesudah tempat tersebut terdapat acara)
  4. Penyelenggara

 

3 hal yang membuat pameran kalian dilirik oleh orang :

  1. Membangun narasi. Narasi yang kuat membuat jalan cerita pameran tersebut menarik untuk dikunjungi orang. Akan tetapi, menurut Eljihadi Alfin, setiap pameran tidak harus memiliki narasi. Narasi adalah media untuk memudahkan pengunjung untuk dapat mengerti pameran yang diselenggarakan. Karena tujuan dari pameran adalah untuk mengapresiasi karya dan memamerkannya ke masyarakat. Agar pameran yang dibuat tersampaikan ke masyarakat, narasi dibutuhkan untuk memberikan batasan akan karya pameran kalian dan dapat menggiringnya ke masyarakat.

 

  1. Kolaborasi. Kolaborasi terhadap semua pihak yang ikut membantu terselenggaranya pameran, juga bersama pihak yang kalian beri exposure lebih dan bisa membantu secara finansial.
  2. Publikasi. Memungkinkan orang di luar venue kalian dapat melihat pameran kalian.