Kita Belajar: Branding oleh Shofiya Qurratu A’yunin

Definisi branding menurut Shofiya Qurrotu A’yunin adalah sesuatu yang abstrak dan emosional, isinya bisa memori dan ekspektasi, atau bisa disebut story yang dijadikan satu kesatuan. Bukan hanya soal grafis dan kata-kata saja, tapi bisa se abstrak itu dan semua aspek juga termasuk branding.

 

Apa pentingnya branding? Untuk membedakan kita dengan yang lain dan membuat impresi yang kuat.

 

Menceritakan sebuah cerita dimulai dengan:

  1. Who (communicator)
  2. Says what (massage)
  3. In which channel (medium)
  4. To whom (audience)
  5. With what effect (impact/feedback)

 

Tapi perlu diingat cerita tidak untuk semua orang, karena orang punya kepentingannya masing-masing. Oleh karena itu kita harus mengerti siapa target audience kita. Dengan mengerti target audience kita dan menggali insight dari mereka seperti :

what do they like

what do they want,

Apa kebiasaan mereka?

Apa interest mereka?

Ketika mencari target audience jangan terlalu general, usahakan spesifik dengan dikontekskan sesuai kasus masing-masing.