HUMACHINE : Kehidupan Seperti Mesin

Pameran Fotografi Tugas Akhir berjudul “Humachine” yang diselenggarakan di Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung menampilkan karya fotografi tentang perumpamaan kehidupan manusia pekerja keras yang sama seperti mesin. Pameran Tugas Akhir ini diselenggarakan pada 23-24 Mei 2018 dari pukul 10.00 – 17.00, adapun pameran ini resmi dibuka pada Selasa, 22 Mei 2018. Pameran Tugas Akhir ini dilaksanakan untuk memenuhi Ujian Akhir Semester mahasiswa jurusan Televisi dan Film ISBI Bandung.  Acara ini memamerkan karya dari Citra Febriani Guntari, Mohamad Rivana, dan Siti Dalilah.

Pameran “Humachine” ini mengangkat fenomena tentang kehidupan pekerja yang bekerja sebagai mesin, dapat dilihat dari karya-karya fotografi yang memperlihatkan kehidupan pekerja keras yang tak kenal lelah. Pameran ini diselenggarakan di sebuah ruangan bertembok putih dengan displaybingkai-bingkai hitam yang menggantung mengelilingi ruangan tersebut, di tengah ruangan terdapat dua buah meja displayyang memamerkan rangkuman acara tersebut dan di depan ruangan terdapat banner bertuliskan maksud dari penyelenggaraan pameran itu. Pencahayaan pada karya juga sudah cukup baik, semua karya sudah tersorot dengan jelas.

Secara keseluruhan pameran ini memiliki konsep yang menarik dengan mencoba mengangkat fenomena manusia yang diumpamakan menjadi mesin, namun secara displaykarya mungkin sedikit terlihat monoton, namun flow acara tidak ada kendala.

Oleh : Serena Megaleonid

Related Posts