How to: Menulis Review

Dalam penulisan review atau ulasan, terdapat bagian-bagian yang memenuhi penulisan ulasan itu sendiri. Adapun bagian tersebut meliputi:

Judul

Dalam penulisan judul ulasan, penulis dibebaskan untuk menulis judul ulasan dengan kreatifitas sendiri ataupun semudah menuliskan kembali nama acara/pameran.

Pembukaan (Bridging)

Pembukaan atau bridging bisa berisikan pernyataan/kutipan/hal unik yang ditemukan di pameran/ciri khas.
Contoh: Tidak banyak orang peduli dengan lingkungan, sampai mata kita sendiri ditampar oleh pameran Laut Kita.

Bagian 1 (Pengenalan)

Bagian ini menceritakan pengenalan mengenai pameran/pemutaran/festival. Dapat berisikan nama acara, waktu dan tempat, jenis acara, dan pihak penyelenggara.
Contoh: Pameran fotografi “Atmosphere” yang berlokasi di Galeri Cipta III, Taman Ismail Marzuki pada tanggal 13 sampai 24 desember adalah sebuah pameran bertema olahraga yang menampilkan ekspresi dan suasana baik dari individu maupun kelompok dalam lingkup olahraga, bahkan beberapa rekam foto terlihat kepedihan dari potret dunia olahraga namun ada pula rekam kebahagiaan dan haru.

Bagian 2

  • Tuliskan impresi/pemikiran mengenai pameran (apa yang dirasakan, layout, flow)
  • Interaksi ruang pameran (proporsi, center of attraction, eye catching, accessible, blind spot), bisa dijelaskan dengan foto yang menjelaskan ‘what’
  • Materi pamer bagaimana (interaktif, komunikatif, rekreatif)
  • Pandangan secara keseluruhan pada acara (jika ada boleh tambahkan acara pelengkap; talkshow, workshop, diskusi)

Contoh: Dalam pameran ini juga diadakan beberapa diskusi salah satunya adalah diskusi “Melihat Indonesia Melalui Olahraga“. Pada pameran yang sekaligus acara peluncuran buku Atmosphere tersebut terlihat beberapa karya fotografi menggunakan teknik Panning, Available Light dan Freeze. Dengan adanya karya-karya seperti ini para penikmat seni dan masyarakat dapat melihat dan merasakan bagaimana suasana dan emosi yang dirasakan oleh para pelaku olahraga pada bidangnya masing-masing, kita penikmat seni juga semakin teredukasi dengan ragam jenis teknik dan karya fotografi yang disajikan pada pameran ini.

Bagian 3

Kesimpulan tentang pameran, bisa dijelaskan dengan foto yang berkaitan unsur 5w1h.

Tulisan oleh Safira Ramadhani
Diedit oleh Aulia Fadlillah P.

Related Posts