Ganesha Film Festival (GANFFEST) 2014

Make It Seen

14Ganesha Film Festival hadir kembali pada tahun 2014 dengan tema “Make It Seen”. Kenapa “make it seen”? Tema ini diambil untuk melambangkan tujuan dan harapan Ganffest bagi sineas-sineas non-professional. Banyak film-film pendek yang bermutu tetapi tidak dapat ditonton dan diapresiasi oleh masyarakat karena tidak adanya wadah untuk menampilkan film-film ini. Ganffest tahun ini hadir untuk menjawab masalah tersebut. Para sineas tersebut mempunyai wadah untuk mempertemukan karya karyanya di sebuah ajang yang prestisius dan sesuai dalam bidangnya.

 

 

Tahun ini, Ganffest dilaksanakan pada tanggal 22 dan 23 februari 2014 bertempat di Institut Teknologi Bandung. Sebelum itu, ada 2 rangkaian pra-event Ganffest yaitu Ganesha Exhibition Program (GEP) drive-in  dan “BIS MEGAPLEX”.

 

Jumlah karya yang masuk dan terdaftar di Ganffest tahun ini adalah sebanyak 165 film. Dari 165 film ini, didapat 13 film yang menjadi official selection  setelah melalui proses kurasi oleh para kurator. Ketigabelas film official selection ini ditayangkan pada hari acara. Pengunjung yang hadir tahun ini, tidak hanya bisa menyaksikan pemutaran film tetapi juga bisa mengikuti workshop pembuatan film. Menarik bukan?

 

Pada hari terakhir acara, diadakan Awarding Ceremony untuk film-film yang memenangkan penghargaan. Penghargaan “Gajah Emas” untuk film terbaik dan penghargaan “Gading yang Tak Retak” untuk teknik sinematografi terbaik dimenangkan oleh film yang sama yaitu, “Liburan Keluarga” karya Tunggul Banjaransari asal Solo. Selamat untuk “Liburan Keluarga”! Pemberian penghargaan juga merupakan rangkaian acara terakhir sekaligus menutup Ganffest 2014 ini. Seperti apa ya Ganffest 2016 kelak?

Related Posts

Omah