Ganesha Film Festival (GANFFEST) 2012

Mov(i)e On!

tumblr_lx7bjiagxh1qdc4flo2_1280
Poster Ganffest 2012

Pada tahun ketiganya ini, Ganffest mengusung tema Mov(i)e On!, yang melambangkan harapan dari Ganffest itu sendiri, yakni agar perfilman Indonesia kembali “move on”, bergerak kembali menuju perbaikan.

Ganffest 2012 terdiri dari beberapa acara yaitu pra eventcalling entry – proses kurasi – festival film official selection – penjurian – penganugrahan. GANFFEST 2012 dianggap telah berhasil untuk menguatkan posisi LFM ITB sebagai penyelenggara festival film indie bertaraf nasional dan memfasilitasi filmmaker indie Indonesia untuk karyanya diapresiasi secara luas. Penjurian film-film yang terpilih di official selection Ganffest 2012 dilakukan oleh juri yang professional yaitu Tobing Jr. (Layar Kita), Ronny P. Tjandra (Jive Collection), Soni Budi Sasono (9 Matahari) dan Seno Gumira (FFTV IKJ).

 

Screen Shot 2017-03-08 at 10.50.53 PM
Pra-Event Ganffest

Ganffest 2012 melaksanakan pra event sebanyak 3 kali. Ada GEP in Collaboration, Pra Event Ganffest @ Bober Café, dan Bismegaplex. Yang paling unik dari pre-event Ganffes 2012 adalah Bismegaplex! Bismegaplex adalah acara pemutaran film yang dilakukan di dalam bis. Daan bis ini diparkir di salah satu Factory Outlet terkenal di Bandung sehingga pengunjungnya banyak banget!

Pemutaran dilakukan selama dua hari di Bioskop Kampus 9009. Hari pertama, Ganffest 2012 memutar 6 film dan hari kedua 9 film di Bioskop Kampus. Pemutaran dilakukan dengan sistem paket. Tiap paket terdiri dari video 3D, 3 film ofsel dan diskusi bersama filmmaker ofsel yang diputar. Selama dua hari tersebut juga diputarkan special screening dan diskusi bersama filmmakernya seperti, Trilogi Good in Goodbye, Bermula Dari A, From Hello to Yellow dan Euphoria. Pemuataran di Bioskop Kampus 9009 selalu ramai pada tiap paket terutama saat ada special screening. Penonton yang datang juga tidak hanya dari pihak komunitas tetapi juga dari masyarakat umum.

Screen Shot 2017-03-08 at 10.53.10 PM
BisMegaplex

Pemutaran di BisMegaplex dilaksanakan pada hari ke-2 di gerbang depan ITB. Sistem pemutarannya adalah satu film tiap pemutaran dengan penonton 20 orang. Film yang diputar adalah 15 film ofsel yang yang sudah diputar saat hari pertama di Bioskop Kampus 9009 dan film yang akan diputar di hari ke-2 dengan jadwal berbeda di Bioskop Kampus 9009. Pada saat screening, komunitas yang hadir juga cukup banyak loh!

Karena Ganffest 2012 adalah salah satu ajang bagi komunitas perfilman untuk bertemu, LFM menyelenggarakan Gathering Komunitas nih. Acara bersifat non-formal dan sharing antar komunitas. Komunitas yang hadir berasal dari Jakarta, Bandung, Solo, Yogyakarta, Surabaya, Semarang, Makassar, dll.

Di malam terakhir Ganffest 2012, mata acaranya adalah Ganffest Awarding Ceremony yang diadakan di Ballroom Hotel Sukajadi. Jenis award yang diberi yaitu penganugrahaan nominasi official selection GANFFEST 2012, kompetisi Innovaction, Gimme5 dan apresiasi lain dari juri.

Secara keseluruhan, GANFFEST 2012 telah berhasil mempertahankan diri sebagai festival film indie skala nasional. Hal ini terlihat dari jumlah film yang mencapai 136 film dan ada film yang berasal dari luar Jawa (Aceh, Kendari, dan Makassar). Meskipun tidak lolos proses kurasi, tetapi film-film tersebut telah menunjukkan keberhasilan GANFFEST 2012 dalam memperluas jangkauannya hingga ke daerah-daerah tersebut. Selain itu untuk tahun kompetisi Gimme5 dan Innovaction juga bertujuan mewadahi para filmmaker untuk berkarya.

Related Posts

Omah