Bioskop Kampus: Kurasi Jaman

Pemutaran Bioskop Kampus dari waktu ke waktu selalu bereksperimen mengenai berbagai macam hal berbeda dalam memberikan pengalaman pemutarannya. Tak kalah dengan yang sebelumnya, Bioskop Kampus yang diadakan pada tanggal 4 Oktober 2019 kali ini berkolaborasi dengan ITB Insight dalam memberikan pengalaman yang unik untuk para penonton setia. Dengan tajuk Bioskop Kampus “Kurasi Jaman”, pemutaran film-film pendek ini mengharapkan penonton untuk terbawa ke dalam suasana perkembangan zaman yang hadir di peradaban manusia; baik masa lampau ataupun masa depan.

Pemutaran film pada Bioskop Kampus “Kurasi Jaman” merupakan pemutaran yang mengangkat isu seleksi zaman-zaman peradaban manusia akibat pengaruh teknologi.  Terdapat lima film yang diputarkan dan dibagi dalam dua sesi pemutaran. Lima film yang dimulai pada pukul 19.00 tersebut adalah Dino oleh XX, Laki-Laki Virtual oleh XX, Oldies Buddies oleh XX, Beta_test oleh XX, Lazy Susan oleh XX, dan Djakarta 00 oleh XX. Selain pemutaran, terdapat pula pembagian hadiah bagi yang dapat menjawab pertanyaan kuis dan sesi diskusi di akhir pemutaran.

Sesi diskusi yang dipimpin moderator memiliki topik pembahasan mengenai tema dan film-film itu sendiri; tentang perkembangan peradaban manusia dalam hal teknologi. Dua pembicara yang diundang adalah Thoriq sebagai film-enthusiast dan El sebagai representatif dari ITB Insight 2019. Isu yang dibahas begitu seru karena berkaitan dengan tingkah laku kita sendiri dan sejarah penggunaan teknologi di sekitar kita yang ternyata sangat berpengaruh.

Pensuasanaan “Kurasi Jaman” itu pun dibangun dengan penambahan instalasi futuristik yang memberikan kesan modern; seperti lorong LED dan piano tiles saat memasuki ruang 9009, hologram 3D di tengah ruang pemutaran dan tentunya klip pembuka ala-ala perjalanan waktu saat pemutaran dimulai. Hal-hal tersebulah yang membuat Bioskop Kampus kali ini berbeda dengan biasanya; tidak hanya film-filmnya namun juga instalasi yang mendukung tema tersebut. Kolaborasi BK x ITB Insight 2019 merupakan pre-event dari pameran ITB Insight 2019 yang di adakan pada tanggal 24 November 2019. Pameran ITB Insight 2019 itu sendiri merupakan pameran hasil karya mahasiswa jurusan Teknik Fisika yang berkaitan, tentunya lagi, teknologi futuristik.

Penulis: Aulia Fadlillah Puteri Solikhan