Bioskop Kampus: Realitas

Bioskop Kampus Realitas ini diadakan pada tanggal 2 Juni 2017. Acara ini berisi kurang lebih sama dengan Bioskop Kampus lainnya, yaitu pemutaran film. Bioskop Kampus kali ini mengangkat tema realitas, maka itu kami menyajikan beberapa film pendek yang dapat mengajak masyarakat membuka mata terhadap berbagai isu di sekitar kita.

Film yang ditampilkan ada tiga jumlahnya, diantaranya adalah Harta Karung karya dari Miftachul Rahman, Sa.sar Interaksional karya dari Nanda Arya Syahputra, dan Angka jadi Suara produksi dari Federasi Buruh Lintas Pabrik (FBLP).

Film-film tersebut masing-masing mengangkat suatu isu penting. Harta Karung mengangkat kisah pemulung sampah yang biasa mulung di TPA Putri Cempo terancam ekonominya karena rencana pembangunan sebuah Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) di sana. Lalu ada juga film Sa.sar Interaksional yang mengangkat kisah kehidupan sehari-hari di sebuah panti rehabilitasi cacat mental. Dan terakhir ada film Angka jadi Suara yang mengangkat realita gelap yang berada di lingkungan kerja para buruh pabrik.

Seperti biasanya Bioskop Kampus tidak hanya memutarkan film saja di dalamnya, namun juga mengajak penonton untuk berdiskusi mengenai film yang baru ditonton bersama para pembuatnya. Namun ada juga yang berbeda di Bioskop Kampus kali ini, yaitu diadakan di bulan suci Ramadhan, pemutaran film ini pun dijadikan pengisi waktu sembari menunggu waktu berbuka puasa.

Penonton biasanya disediakan popcorn gratis oleh Bioskop Kampus, namun kali ini penonton disediakan ta’jil dan gorengan gratis untuk berbuka. Dan akhirnya seluruh penonton berbuka puasa di dalam venue pemutaran saat adhan maghrib berkumandang. Saat waktunya berbuka puasa kebetulan bertepatan dengan sesi diskusi dengan para pembuat film. Jadi penonton pun mendengarkan diskusi sembari melahap sajian buka puasa yang disediakan.

Bioskop Kampus selalu menyajikan hal yang menarik untuk para penontonnya, mulai dari pemutaran film-film dengan tema menarik, kesempatan berbincang dengan para pembuat film, dan juga disediakan kudapan gratis. Jadi, ayo ke Bioskop Kampus selanjutnya!

Oleh: Sharifa Salma

Related Posts

Omah