24/7 by Budi Adi N.

Ketika anda mengunjungi suatu pameran, pasti terbayang karya-karya yang dipajang di atas meja, di lantai, ataupun di tembok. Namun, pameran “24/7” yang berlangsung di Platform 3 pada bulan April lalu tidaklah seperti pameran-pameran biasa.

Lokasi Pameran Setelah Pameran Selesai

 

Judul dan Denah Karya

 

 

“24/7” adalah sebuah pameran yang dibuat oleh Budi Adi Nugroho, seorang seniman yang sedang menempuh program Doktoral Seni Rupa di ITB. Pak Budi sering melihat bahwa pada setiap pameran, selalu terdapat orang – orang yang merasa takut dan malu untuk masuk ke galeri sehingga mereka hanya sekedar mengintip ke dalam saja. Hal ini membuat beliau tertarik untuk membuat suatu pameran yang menerapkan metode “etalase” dalam teknis pemajangan karyanya. Metode etalase yang dimaksud adalah memamerkan karya dengan memajangnya sedemikian rupa agar dapat dilihat dari luar, seperti etalase pada toko-toko. Kemudian beliau berfikir untuk menggunakan Platform 3 sebagai tempat pamerannya karena lokasinya yang berada di tengah-tengah permukiman warga.

Pada pameran ini, karya yang dipajang adalah batangan emas yang terbuat dari resin lalu dilapisi kertas emas dan diberikan efek ukiran. Batangan emas ini dipajang menggunakan 2 cara. Yang pertama yaitu dipajang di dalam jendela dan dipasang infinity mirror agar terlihat seakan-akan ruangan di dalamnya penuh dengan emas batangan. Kemudian, yang kedua dipajang dalam suatu wadah dibelakang pintu dan dibuat lubang untuk mengintip pada pintu tersebut. Kedua cara ini sangat bermanfaat untuk menarik perhatian warga sekitar yang berlalu-lalang diluar Platform 3. Metode pemajangan karya pada pameran ini sangatlah menarik dan dapat diterapkan pada pameran-pameran lainnya, seperti pameran foto.

Bullion

 

90 degrees

 

90 degrees

Ditulis Oleh: Sarah Tania Utami

 

 

Platform 3

Jl. Cigadung Raya Tengah No.40

Cigadung

Bandung

Related Posts